Friday 25 December 2015

Download video pembelajaran IPA Matahari dan Bumi

Download video pembelajaran IPA Matahari dan Bumi 

Matahari merupakan pusat tata surya yang berupa bola gas yang bercahaya. Matahari merupakan salah satu bintang yang menghiasi galaksi Bima Sakti. Suhu permukaan matahari 6.000 derajat celsius yang  dipancarkan ke luar angkasa hingga sampai ke permukaan bumi, sedangkan suhu inti sebesar 15-20 juta derajat celsius. 
Sementara Bumi menempati urutan ketiga terdekat dengan matahari. Ukuran besarnya hampir sama dengan Venus dan bergaris tengah 12.640 km. Jarak antara bumi dengan matahari adalah 149 juga km. Bumi mengadakan rotasi 24 jam, berarti hari bumi = 24 jam.

a.    Gerak rotasi bumi
Gerak bumi berputar pada porosnya disebut rotasi bumi. Arah rotasi bumi sama dengan arah revolusinya, yakni dari barat ke timur. Inilah sebabnya mengapa matahari terbit lebih dulu di Irian Barat dari pada di Jawa. Satu kali rotasi bumi menjalani 3600 yang ditempuh selama 24 jam.

b.    Akibat rotasi bumi
1)Adanya gerak semu harian dari matahari
2)Pergantian siang dan malam
3)Penyimpangan arah angin, arus laut
4)Penggelembungan di khatulistiwa dan pemepatan di kedua kutub bumi
5)Timbulnya gaya sentrifugal
6)Adanya dua kali air pasang naik dan pasang surut dalam sehari semalam
7)Perbedaan waktu antara tempat-tempat yang berbeda derajat busurnya

c.    Gerak revolusi dari bumi
Selama mengedari matahari ternyata sumbu bumi miring dengan arah yang sama terhadap bidang ekliptika. Kemiringan sumbu bumi ini besarnya 23 ½0 terhadap bidang ekliptika tersebut. Akibat dari revolusi bumi ialah :
Akibat dari revolusi bumi adalah :
1)Pergantian empat musim
2)Perubahan lamanya siang dan malam
3)Terlihatnya rasi (konstelasi) bintang yang beredar dari bulan ke bulan
Lintasan bumi dalam revolusinya terhadap matahari disebut orbit.

d.    Gaya gravitasi terrestrial dari bumi
Bumi kita ini mempunyai gaya gerak atau gaya berat. Gaya tarik bumi ini dinamakan gaya gravitasi terrestrial bumi. Benda di bumi ini memiliki bobot karena pengaruh gaya gravitasi tersebut. Gaya gravitasi terrestrial inilah yang menahan semua materi yang ada di bumi serta atmosfernya hingga tidak hilang melayang ke alam semesta.

e.    Waktu
Kita telah mengenal waktu satu hari satu malam yang lamanya 24 jam. Waktu 24 jam ini adalah sehari semalam solar (matahari) berdasarkan gerak semu matahari dalam membuat satu revolusi lengkap.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak video berikut ini :

Google Drive Preview



Silahkan anda Download video pembelajaran IPA Matahari dan Bumi. Semoga video pembelajaran IPA tersebut bermanfaat dan bisa dijadikan referensi. Terima kasih.

Silahkan Download Juga Kumpulan Aplikasi Administrasi Guru di bawah ini :


    Download video pembelajaran IPA Matahari dan Bumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: reyna
     

    Top