Thursday 3 December 2015

Download Video Pembelajaran IPA Belajar Biologi Rantai Makanan

Download Video Pembelajaran IPA Belajar Biologi Rantai Makanan


Sebuah Rantai Makanan tidak sama dengan Jaring Makanan


Sebuah jaring makanan adalah lebih banyak dari jaringan rantai makanan dan lebih kompleks. Lihat ilustrasi jaringan makanan di atas-Anda dapat memilih sebuah rantai makanan dasar dari jaring makanan : tanaman Hijau- Belalang- katak- Burung -Elang. 

Jenis Rantai Makanan 

1. Rantai Makanan Perumput
Rantai makanan perumput dimulai dengan fiksasi fotosintesis cahaya, karbon dioksida, dan air oleh tanaman (produsen primer) yang memproduksi gula dan molekul organik lainnya. Setelah diproduksi, senyawa ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis jaringan tanaman. Konsumen primer atau herbivora membentuk link kedua dalam rantai makanan perumput. Mereka mendapatkan energi mereka dengan mengkonsumsi produsen primer. Konsumen sekunder atau karnivora primer, link ketiga dalam rantai tersebut, mendapatkan energi mereka dengan mengkonsumsi herbivora. Konsumen tersier atau karnivora sekunder adalah hewan yang menerima energi organik mereka dengan mengkonsumsi karnivora primer. 

2. Rantai Makanan Detritus
Rantai makanan detritus berbeda dari rantai makanan perumput dalam beberapa cara :
  • Organisme membuat itu umumnya lebih kecil (seperti ganggang, bakteri, jamur, serangga, & lipan).
  • Peran fungsional dari organisme yang berbeda tidak jatuh rapi ke dalam kategori seperti tingkat trofik makanan rantai perumput.
  • Detritivore hidup dalam lingkungan (seperti tanah) yang kaya akan partikel makanan tersebar.   Akibatnya, pengurai kurang motil dibanding herbivora atau karnivora.
  • Dekomposer memproses sejumlah besar bahan organik, mengubahnya kembali ke bentuk unsur hara anorganik.
Sebagai bahan tinjauan saya sajikan video pembelajaran berikut ini :



Sebuah rantai makanan menunjukkan bagaimana setiap makhluk hidup mendapat makanan, dan bagaimana nutrisi dan energi yang dilewatkan dari makhluk ke makhluk. Rantai makanan mulai dengan tanaman hidup, dan diakhiri dengan hewan hidup. Beberapa hewan makan tanaman, sebagian hewan memakan hewan lainnya. Bagi anda yang ingin koleksi video diatas, silahkan unduh pada link berikut ini : Download Video Pembelajaran IPA Belajar Biologi Rantai Makanan 

Demikian yang dapat sampaikan semoga video pembelajaran IPA tersebut bermanfaat.

Terima Kasih.


Silahkan Download Juga Kumpulan Aplikasi Administrasi Guru di bawah ini :


    Download Video Pembelajaran IPA Belajar Biologi Rantai Makanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: reyna
     

    Top