Sunday 6 December 2015

Download Video Pembelajaran IPA Pergerakan Bumi Bulan dan Matahari



Bumi memerlukan waktu sehari untuk satu kali rotasi dan setahun untuk satu kali revolusi. Rotasi Bumi mengakibatkan beberapa peristiwa, yaitu: pergantian siang dan malam, gerak semu harian Matahari, perbedaan waktu di berbagai tempat di dunia, dan perbedaan percepatan gravitasi di permukaan Bumi.

Revolusi Bumi menyebabkan beberapa peristiwa, yaitu: pergantian musim dan gerak semu tahunan Matahari. Bulan melakukan rotasi dan revolusi dalam waktu yang sama, yaitu 29½ hari. Gerhana Bulan terjadi jika sinar Matahari yang menuju Bulan terhalang oleh Bumi.

Gerhana Matahari terjadi jika sinar Matahari yang menuju Bumi terhalang oleh Bulan. Pasang purnama terjadi pada saat Bulan purnama dan Bulan baru.

Pasang perbani terjadi pada saat Bulan paruh. Kalender Masehi dihitung berdasarkan revolusi Bumi. Kalender Hijriah dihitung berdasarkan revolusi Bulan. Untuk lebih jelasnya kita simak previewnya berikut ini :



Kita menjadi tahu bahwa gerhana adalah peristiwa alam. Peristiwa ini tidak berkaitan dengan meninggal atau marahnya seseorang. Peristiwa gerhana justru menunjukkan kehebatan Tuhan mengatur alam semesta. Sebagai orang beriman, sudah selayaknya kita senantiasa merenungkan kekuasaan-Nya. Dengan begitu, kita akan menyadari betapa lemahnya manusia. Kita tidak dapat berbuat apa-apa tanpa pertolongan-Nya. Silahkan anda unduh video pembelajaran tersebut pada link berikut Download Video Pembelajaran IPA Pergerakan Bumi Bulan dan Matahari.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Silahkan Download Juga Kumpulan Aplikasi Administrasi Guru di bawah ini :


    Download Video Pembelajaran IPA Pergerakan Bumi Bulan dan Matahari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: reyna
     

    Top