Thursday 3 December 2015

Download Video Pembelajaran IPA SD Bagian Bagian Tumbuhan

Download Video Pembelajaran IPA SD Bagian Bagian Tumbuhan


Bagian - bagian Tumbuhan

A. Akar
1. Bagian - bagian Akar
Akar pada tumbuhan berbunga baik yang tertanam di dalam tanah maupun di dalam air umumnya terdiri dari akar utama, kemudian dari samping akar utama ini muncul cabang akar dan di permukaan akar tersebut terdapat semacam serabut akar yang disebut rambut akar. Akar terdiri atas rambut atau bulu akar dan tudung akar. Bulu akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah ke tumbuhan. Tudung akar berguna untuk melindungi akar pada saat menembus tanah. Ada dua jenis akar, yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Akar serabut adalah akar yang berukuran kecil-kecil yang tumbuh di pangkal batang. Akar seperti ini dimiliki oleh tumbuhan, seperti rumput, padi, jagung, tebu, dan bambu. 
Akar tunggang merupakan akar utama kelanjutan dari batang yang tumbuh lurus ke bawah, sedangkan akar-akar yang lainnya merupakan cabang dari akar tunggang. Contoh tanaman yang memiliki akar tunggang, yaitu mangga, jeruk, tomat, durian.

Akar tunggang maupun akar serabut ada yang digunakan sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, contoh pada tanaman ketela pohon, wortel, ubi jalar, dan lain-lain. 


2. Fungsi Akar
Dari uraian ini, fungsi akar sebagai berikut :
a. Menunjang berdirinya tumbuhan.
b. Menyerap air dan mineral dari dalam tanah.
c. Menyimpan cadangan makanan.
d. Bernapas.

B. Batang
Air dari tanah akan masuk ke dalam tanaman melalui akar, kemudian air akan diangkut dari akar ke daun melalui batang sehingga daun tanaman akan segar. 
Batang berfungsi mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar ke daun dan tunas. 
Pada batang, tumbuh tunas-tunas cabang dan ranting. Daun, bunga, dan buah tumbuh di cabang dan ranting batang tersebut. Ada juga daun, bunga, dan buah yang tumbuh pada batang. 
Batang dapat dikelompokkan menjadi batang berkayu, batang rumput, dan batang basah. 

a. Batang berkayu
Batang berkayu umumnya keras pohonnya banyak yang tinggi dan besar, maka kayunya ada yang digunakan untuk membuat perabot, seperti lemari, meja bahkan untuk perahu. Batang berkayu memiliki kambium yang berfungsi membentuk kayu dan kulit kayu. Contohnya, pohon jati, mangga, dan jambu. 

b. Batang rumput
Batang rumput tidak berkayu, beruas-ruas, dan berongga, contohnya batang padi, jagung, dan rumputrumputan. Tumbuhan dengan batang rumput umumnya pendek. 

c. Batang basah
Batang basah mudah dipotong, batangnya tidak keras dan berair. Tumbuhan dengan batang basah umumnya pendek, tidak setinggi pohon kayu. Contohnya: pohon pisang, bayam, pacar air, kangkung. 

Batang tumbuhan dapat pula dikelompokkan menjadi batang bercabang, lurus, dan berongga. Kegunaan batang adalah sebagai berikut. 
a. Pengangkut air dan mineral dari akar ke daun, buah, dan bunga.
b. Pengangkut zat makanan dari daun ke akar.
c. Tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah.
d. Tempat menyimpan cadangan makanan (seperti pada kentang dan tebu).

C. Daun
Daun tumbuhan umumnya berwarna hijau karena di dalamnya terdapat zat warna hijau daun atau klorofil. Zat warna hijau daun ini yang menyebabkan daun dapat mengabsorpsi energi cahaya dan menghasilkan gula dalam proses fotosintesis. Jadi, tumbuhan yang mengandung zat hijau daun dapat membuat makanan sendiri. Bagaimana dengan tumbuhan yang tidak mengandung zat hijau daun? Apakah dapat membuat makanan sendiri?

Beberapa tumbuhan ada yang tidak dapat membuat makanan sendiri, di antaranya adalah tali putri. Makanan untuk tumbuhan ini berasal dari tumbuhan lain.

Kita perlu bersyukur dan memelihara semua tanaman yang ada di alam ini. Mengapa tanpa tanaman manusia dan hewan tidak bisa hidup? 

D. Bunga 
Tumbuhan berbiji selain memiliki akar, batang, dan daun juga memiliki bunga. Alam ini sangat indah dan nyaman jika tanaman sedang berbunga. Bunga merupakan bagian yang penting bagi pembuahan. Apa saja bagian-bagian bunga? 
Mengamati Bagian - bagian Bunga 


Bunga memiliki warna yang beraneka ragam. Bunga juga ada yang berbau dan tidak berbau. Bunga yang lengkap terdiri atas beberapa bagian, yaitu: tangkai bunga, kelopak, mahkota, putik, dan benang sari. Fungsi utama bunga adalah untuk membentuk biji agar tanaman dapat ditanam kembali sehingga keturunannya jadi bertambah banyak. 

Bagi anda yang membutuhkan video pembelajaran IPA SD Bagian - Bagian Tumbuhan, silahkan anda unduh pada link berikut : Download video pembelajaran IPA SD Bagian - Bagian Tumbuhan

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai video pembelajaran IPA, semoga bermanfaat.

Terima Kasih. 

Silahkan Download Juga Kumpulan Aplikasi Administrasi Guru di bawah ini :


    Download Video Pembelajaran IPA SD Bagian Bagian Tumbuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: reyna
     

    Top