Friday 4 December 2015

Download Video Pembelajaran IPA Fisika Usaha dan Energi

Download Video Pembelajaran IPA Fisika Usaha dan Energi


Penjelasan singkat mengenai Usaha
Usaha didefinisikan sebagai hasil perkalian antara perpindahan titik tangkapnya dengan komponen gaya pada arah perpindahan. Dalam fisika, usaha merupakan proses perubahan Energi dan usaha ini selalu dihubungkan dengan gaya (F) yang menyebabkan perpindahan (s) suatu benda. Dengan kata lain, bila ada gaya yang menyebabkan perpindahan suatu benda, maka dikatakan gaya tersebut melakukan usaha terhadap benda. Adapun rumusnya sebagai berikut : 




Pengertian usaha yang diterangkan di atas adalah usaha oleh gaya konstan, artinya arah dan nilainya konstan. Besar (nilai) usaha yang dilakukan oleh sebuah gaya (F) pada suatu benda yang mengakibatkan perpindahan sebesar s, dapat dirumuskan kembali dengan kalimat, sebagai berikut: 
"Besar usaha oleh gaya konstan didefinisikan sebagai hasil besar komponen gaya pada arah perpindahan dengan besarnya perpindahan yang dihasilkan".

Penjelasan singkat mengenai Energi 
Energi sering juga disebut dengan tenaga. Dalam kehidupan sehari-hari energi dihubungkan dengan gerak, misal orang yang energik artinya orang yang selalu bergerak tidak pernah diam. Energi dihubungkan juga dengan kerja, Jadi: 

Energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan kerja. 

Dalam Fisika energi dihubungkan dengan gerak, yaitu kemapuan untuk melakukan kerja mekanik. Energi dialam adalah besaran yang kekal, dengan sifat-sifat sebagai berikut: 
  • Transformasi energi : energi dapat diubah menjadi energi bentuk lain, tidak dapat hilang misal energi pembakaran berubah menjadi energi penggerak mesin. 
  • Transfer energi : energi dapat dipindahkan dari suatu benda kebenda lain atau dari sistem ke sistem lain, misal kita memasak air, energi dari api pindah ke air menjadi energi panas, energi panas atau kalor dipindah lagi keuap menjadi energi uap 
  • Kerja : energi dapat dipindah ke sistem lain melalui gaya yang menyebabkan pergeseran, yaitu kerja mekanik 
  • Energi tidak dapat dibentuk dari nol dan tidak dapat dimusnahkan 
Sumber-sumber energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya: energi minyak bumi, energi batubara, energi air terjun, energi nuklir dan energi kimia. Untuk lebih jelasnya kami sajikan bahan tinjaunnya.



Bagi anda yang membutuhkan video tersebut silahkan anda unduh disini.
Demikian video pembelajaran IPA Fisika tentang Usaha dan Energi, semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Silahkan Download Juga Kumpulan Aplikasi Administrasi Guru di bawah ini :


    Download Video Pembelajaran IPA Fisika Usaha dan Energi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: reyna
     

    Top